I'm animation

Just Binusian blog site

FEP (Freshmen Enrichment Program)

September27

Binus University memiliki suatu metode baru dimana mereka tidak lagi “memplonco” mahasiswa baru mereka dan Binus University mengenalkan metode baru yang bernama Freshmen Enrichment Program yang disingkat FEP. FEP terdiri atas General Orientation ( 1 minggu), Academic Orientation (±10 hari), dan Campus Life Orientation yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru akan lingkungan kampus, terutama pada Academic Orientation yang kurang lebih memperkenalkan mahasiswa baru akan pelajaran kampus dan kegiatan seputar kampus.

Saya Binusian 2019, dari gelombang 2, yakin BBN03. Selama 1 minggu pertama, saya menjalani GO yang mana merupakan tahap awal dari FEP ini, di GO ini saya mulai mengenal lingkungan BINUS, mengenal prosedur – prosedurnya, dan mengenal dasar – dasar menjadi seorang Binusian (ini sebutan untuk mahasiswa/i BINUS) dengan bantuan dari kakak – kakak Buddy Coordinator (BC) yang mendampingi selama seminggu, kakak – kakak BC yang sabar, dan mau membimbing, yang nantinya mereka juga tetap mendampingi selama 1 semester.

 

di bagian GO juga kita disuruh menghapal yel yel binusian2019. Ini ada contohnya gerakan yang disuruh joget joget itu.

Di hari pertama saya mengikuti sesi Binusian Journey, dengan tujuan mengetahui proses yang akan dilalui selama kuliah di Binus University, juga peserta dapat mengetahui dan menjalankan kegiatan FEP binusian 2017 dengan baik. Juga kita mengenal EES ( Employability and Entrepreneurial Skills) sebagai salah satu atribut lulus Binus University karena EES ini juga salah satu upaya untuk memperoleh pengakuan setelah lulus dari Binus University. Saya mengenal poin SAT, dimana saya akan lulus FEP ini jika poin SAT saya mencapai minimal 85 poin dari 100 poin. Poin SAT selama FEP didapat dari absensi alias Tapping. Binus University menggunakan Tapping System pada absensinya. Contoh saja poin SAT untuk Binusian Journey sebesar 2. Total poin SAT selama GO adalah 23 poin, 38 poin untuk AO dan 39 poin untuk CLO.

Di hari – hari berikutnya saya juga mengenal beberapa aturan yang ada di kampus BINUS, mengenal UKM – UKMnya, bisa melihat Bapak Wakil Rektor, Pak Andreas Chang berbicara. Saya juga dikenalkan dengan Binus Maya (http://binusmaya.binus.ac.id) yang dibuat untuk memudahkan para Binusian untuk melihat jadwal kampus secara online, berinteraksi dengan sesama Binusian atau juga dengan Dosen (misal, lewat forum class), dan juga lewat Binus Maya ini BINUS dapat mengirimkan info – info penting melewati fitur message (contohnya Expo, lowongan pekerjaan, dll). Hari terakhir GO, BINUS mengadakan Expo UKM atau lebih dikenal dengan Bunga rampai, dimana kami para mahasiswa baru dapat menentukan untuk mengikuti UKM apa lewat Expo tersebut. Banyak sekali UKM yang ada di BINUS dan tentu setiap UKM itu berprestasi.

Lalu 5 minggu (dari semua batch) setelah melaksanakan GO, kita juga menjalani yang namanya AO. Apa sih AO tersebut? AO tersebut seperti simulasi belajar saat perkuliahan nanti. Jadi kita bisa lebih dekat mengenal BINUS, dari segi pengajarannya. AO ini sendiri dilaksanakan selama 2 minggu. Dan pada saat AO ini, bukan para BC lagi yang mengajar kita, melainkan Dosen dan Aslab. Di AO juga kita di berikan simulasi ujian agar pas ujian yang beneran para binusian gak kaget dengan suasanya dan tata caranya.

Setelah AO berlangsung selama seminggu, pihak HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) BINUS mengadakan acara yang bernama HTTP (HIMTI Togetherness and Top Performance. Dimana HTTP ini adalah acara kebersamaan untuk seluruh mahasiswa Computer Science. HTTP ini berlangsung pada tanggal 12 September 2015. HTTP tahun 2015 ini bertemakan SHINE. Di HTTP kami juga mendapatkan HIMTI KIT yang berisi software- software penunjang perkuliahan, juga Pin Ekslusif HIMTI,  T-Shirt HIMTI, dan Goodie Bag . Pin Ekskulsif HIMTI ini cuman bisa di dapet buat kita – kita yang ikut HTTP doang lho, jadi nyesel deh yang gak dateng HTTP. Acaranya juga meriah banget!!!

Dan setelah selesai AO ini, pada hari pertama kuliah kita mengikuti CLO. CLO ini dijalani setiap seminggu sekali, dan pembimbingnya ada para BC lagi. Namun kelasnya di  campur dengan gelombang FEP yang lain. Seperti misalnya saya, Kelas LC01 terdapat FEP Batch BBN03, DBN10, dan EBN03.

 

Terimakasih telah membaca ini ^^

 

 

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: