I'm animation

Just Binusian blog site

Pengertian DHCP Relay

July21

Pada jaringan besar umumnya terdiri dari banyak segmen (umumnya VLAN) dan ratusan atau bahkan ribuan komputer. Tentu sulit sekali untuk me-manage IP untuk sekian banyaknya PC itu. Yang mudah tentu menggunakan DHCP Server, namun bagaimana bila segmen dari DHCP Server tersebut berbeda dengan letak PC yang ingin mendapat IP itu? Jawabannya adalah menggunakan DHCP Relay.

Cara kerja DHCP Relay secara sederhana adalah mengarahkan paket DHCP Discover ke DHCP server yang terletak pada segmen yang berbeda, begitu DHCP server memberikan paket DHCP Offer, maka paket ini akan diteruskan oleh Switch ke PC yang bersangkutan dan PC akan membalas dengan paket DHCP request, dimana paket ini akan diteruskan oleh Switch ke DHCP Server, kemudian DHCP Server akan memberikan persetujuan dengan mengirimkan paket DHCP Ack yang akan diteruskan juga oleh Switch ke segmen dimana PC itu berada.

Gimana udah pada tau kan maksud dari DHCP relay? Kalau udah kita coba ke bikin DHCP relay di Tutorial DHCP Relay. Kalau belum tau apa itu DHCP bisa di cek di Pengertian DHCP.

Segitu dulu ya dari iman, ada pertanyaan taro di kolom komentar aja ya 😀

posted under Computer

Email will not be published

Website example

Your Comment: